Kenali Asesmen Nasional Literasi dan Numerasi

Kenali Asesmen Nasional Literasi dan Numerasi post thumbnail image

Literasi dan numerasi saat ini menjadi komponen penting dalam pendidikan siswa di sekolah, terutama yang berada di sekolah dasar. Namun sayangnya masih banyak diantara kita yang belum mengetahui dasar dari literasi dan numerasi.

Tahukah kamu jika literasi numerasi menjadi bagian dari Asesmen Kompetensi Nasional 2021? Dan ini sudah ditetapkan oleh Mas Menteri, dimana Ujian Nasional berganti dengan Asesmen Nasional yang menggunakan basis literasi dan numerasi.

Secara umum AKM atau AN adalah suatu instrument yang bisa mengelompokkan dan juga mengevaluasi sebuah sistem pendidikan. Tapi evaluasi yang berjalan tidak untuk mengukur capaian dari setiap siswa, melainkan seluruh proses dan hasil dari sebuah lembaga. Nah AN sendiri mempunyai tiga instrument dasar yaitu AKM, lalu survey lingkungan belajar dan juga karakter. Nah untuk AKM berdasarkan keterangan dari Dirjen GTK mempunyai beberapa komponen yang harus kita ketahui diantaranya ada literasi membaca dan literasi numerasi. Lalu apa maksud dari komponen ini?

Secara Umum, Apa itu AKM?

Sesuai dengan kepanjangannya AKM adalah Asesmen Kompetensi Minimum, artinya kompetensi minimum yang harus siswa kuasai dan bukan hanya siswa namun dari kepsek, guru pengajar hingga orangtua harus memahami bagaimana AKM berjalan.

Bukan seperti Ujian Nasional yang menjadi momok tersendiri bagi siswa dan guru. AN yang berisi banyak kompetensi yang mengharuskan siswa bisa menyerap dan mengolah wawasan secara lebih luas, sebenarnya tidak membutuhkan persiapan yang banyak seperti UN. Hanya saja memang guru mempunyai kewajiban memfasilitasi siswa terkait pembelajaran literasi numerasi ini. Entah melalui latihan soal hots literasi numerasi, informasi terupdate, dan sebagainya.

Lalu, Apa itu Literasi Numerasi?

Setelah kamu mengetahui apa itu AN, AKM, dan komponennya mari kita lanjut dengan perkenalan bersama literasi numerasi berikut ini:

·         Literasi

Literasi secara umum kita ketahui adalah kemampuan menganalisis bacaan yang sedang kit abaca. Mulai dari skill pemahahaman, bagaimana menggunakannya, evaluasi, refleksi, hingga menggunakan pemahaman tersebut untuk mengatasi permasalahan yang ada. Nah nantinya ketika siswa sudah terlatih dengan kemampuan ini, harapannya mereka bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehingga lebih produktif.

·         Numerasi

Literasi bukan hanya ada kaitannya dengan bacaan, tetapi pada dasarnya literasi juga berhubungan dengan angka atau numerasi. Dimana Mas Menteri menyatakan jika kemampuan analisis bacaan yang bagus akan membantu siswa dalam menganalis serangkaian angka yang harus kita pecahkan.

Numerasi sendiri merupakan kemampuan atau skill dalam berpikir yang melibatkan fakta, kemudian langkah atau prosedur, konsep penyelesaian serta alat matematika yang harus kita gunakan. Nah semua komponen tersebut harus kita gunakan secara bersama dalam menyelesaikan berbagai konteks yang beragam.

Berikut ini beberapa kecakapan dan pengetahuan yang berdasarkan keterangan Kemendikbud lewat Gerakan Literasi Nasional yang harus kita kuasai menuju AN:

  1. Kecakapan dalam penggunaan simbol dan angka yang ada dalam ilmu matematika dasar guna menyelesaikan berbagai persoalan sehari-hari.
  2. Mampu menganalisis ragam informasi yang hadir dengan bentuk yang beragam diantaranya ada table, kemudian grafik, berbagai bahan dan sebagainya.
  3. Dari persoalan yang hadir harapannya kita bisa menginterpretasikan atau menunjukkan hasilnya yang berupa prediksi maupun sebuah keputusan dalam dunia nyata.

Secara general harapan dari literasi dan numerasi ini adalah kita bisa menggunakannya atau mengaplikasikan konsep bilangan dalam kehidupan kita. Entah itu di lingkungan rumah, masyarakat hingga ketika kita berada di kantor. Maka mari kita hadapi AN atau AKM dengan penuh kesiapan agar kita bisa benar-benar mengaplikasikannya dalam kehidupan maupun persoalan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *